Unknown
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Jenjang / Sekolah           : SD
Mata Pelajaran                : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester              : IV/1
Waktu                                  : 4 x 35 menit

Standar Kompetensi :
Listening : 1. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
Speaking  : 2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas
Reading  : 3. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas.
Writing     : 4. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas

B. Kompetensi Dasar:
1.2 Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal dalam konteks kelas.
2.1. Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengenalkan diri, memberi salam/sapaan, memberi salam perpisahan, dan memberi perintah
3.1. Membaca nyaring dengan melafalkan alfabet dan ucapan yang tepat yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana
4.1. Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana

C.  Indikator:
Listening:  1.  Melafalkan kosa kata baru
2.  Merespon ungkapan
Speaking:  1.  Melafalkan ungkapan memberi salam dan memperkenalkan diri
                   2.  Memperkenalkan diri
Reading:   1.  Melafalkan kosa kata dan frasa baru
2.     Mencari makna kata
3.    Reading nyaring bacaan
4.    Mencari informasi
Writing:     1. Melengkapi kalimat
2. Membuat kalimat

Nilai kharakter: kerja sama, percaya diri, dan menghargai pendapat orang lain



D. Tujuan Pembelajaran           :
Siswa dapat :
Listening:
1.      Melafalkan kosa kata baru setelah diberi contoh dengan benar dan percaya diri.
2.      Menjawab pertanyaan yes-no sesuai pertanyaan yang didengar dengan benar.
Speaking:
1.      Melafalkan ungkapan sapaan dan memperkenalkan diri setelah diperdengarkan contoh dengan benar dan percaya diri.
2.      Memperkenalkan dirinya sesuai informasi dalam kartu dengan intonasi dan lafal yang benar serta percaya diri secara berkelompok.
Reading:
1.      Melafalkan kosa kata baru dengan benar setelah mendengarkan contoh dari guru dengan rasa percaya diri.
2.      Menjodohkan kosa kata baru dengan gambar dengan tepat.
3.      Membaca teks dengan nyaring setelah diberi contoh dari guru dengan intonasi dan ucapan yang benar.
4.      Menjawab pertanyaan dengan benar sesuai dengan bacaan secara berpasangan dengan   benar.
Writing:
1.      Melengkapi kalimat sesuai gambar dengan ejaan yang benar secara berpasangan.
2.      Membuat kalimat sesuai gambar dengan struktur dan ejaan yang benar secara berpasangan.

E. Materi Pembelajaran  :
Tema:  Profession
VOCABULARIES:
          - teacher                     - soldier                       - fisherman
          - doctor                       - nurse                                    - pilot
          - farmer                      - driver                       - policeman

LANGUAGE EXPRESSIONS:
1. My father is a …….
(?)  Is my mother is a …?
(+) Yes, he is.
(-) No, he is not.
2. Ungkapan memberi salam:
-   Hello, friends.
-   Hi.
-   Good morning.
-   How are you ?

3. Ungkapan memperkenalkan diri:
-   My name is…./ I am …..
-   My father is a .... /My mother is a ….
-   I want to be a ….
4. Text:
My Family
            Hallo friends ! My name is Indra. I am in the fourth grade and study at Ganesha Elementary School. My father is a doctor. He works in a hospital every day. My mother is a teacher and she works in a school. I have one sister. She is six years old. Her name is Nita. I want to be a police if I grow up.

F. Model Pembelajaran
Pendekatan: Cooperative Learning
Metode: 1. Listening: Number Head Together
               2. Speaking: Inside-outside Circle
               3. Reading: Talking Stick
              4. Writing : Think-Pair-Share
Teknik: ceramah, tanya jawab, diskusi

Kegiatan
Pendidikan Karakter
Waktu
Kegiatan Awal
1.  Guru mengucapkan salam dan siswa merespon
2.  Guru mengecek kebersihan kelas dan kerapian tempat duduk siswa
3.  Guru mengajak siswa berdoa dan siswa berdoa dipimpin ketua kelas.
4.  Guru mengecek presensi siswa dan siswa merespon.
5.  Guru memberikan leading question.
6.  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan siswa memperhatikan
1.Santun
2. Kebersihan lingkungan
3.Religious

4. Disiplin dan tanggung jawab



10’






Kegiatan Inti
LISTENING

1.    Siswa menyimak contoh dari guru cara melafalkan kosa kata dan dan ungkapan baru.
2.    Siswa menirukan pelafalan kosa kata dan ungkapan baru. (TP 1)
3.    Siswa memperhatikan gambar yang ditunjukkan oleh guru dan menyebutkan nama gambar dalam bahasa Inggris.
4.    Siswa memperhatikan dan menirukan contoh dari guru pelafalan ungkapan “Is your father a teacher?” dan “Yes, he is.”
5.    Siswa mengerjakan tugas secara berpasangan untuk menjawab pertanyaan (TP2)
6.    Siswa bersama guru mendiskusikan tentang kesulitan dalam belajar listening.
7.    Siswa mengerjakan post-test listening berdasarkan soal yang dibacakan guru secara mandiri.
 SPEAKING
1.    Siswa menyimak penjelaskan guru fungsi dan arti ungkapan memberi salam dan memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris.
2.    Siswa menyimak dan menirukan pelafalan ungkapan memberi salam dan memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris. (TP 1)
3.    Siswa berlatih menyapa daan memperkenalkan diri secara berpasangan.
4.    Siswa diminta maju  secara berkelompok (inside-outside circle) untuk mempergakan memberi salam dan memperkenalkan diri. (TP2)

READING
1.    Siswa menyimak contoh dari guru cara melafalkan kosa kata dan ungkapan baru dan siswa menirukan. (TP1)
2.    Siswa mengidentifikasi gambar yang diberikan secara mandiri dengan menyebutkan kata dalam bahasa Inggris secara mandiri.
3.    Siswa mencari kata yang sesuai untuk setiap secara berpasangan.(TP2)
4.    Siswa menyimak contoh cara membaca teks dan menirukan bersama-sama.
5.    Siswa membaca teks secara bergantian. (TP 3)
6.    Siswa diminta memahami soal dan mencari jawabannya dengan membaca teks secara berpasangan.
7.    Jika siswa mengalami kesulitan guru menjelaskan arti dan maksud perintah.(TP4)
8.    Siswa bersama guru mendiskusikan jawaban. Siswa yang menerima stick dari guru diminta menjawab sampai semua pertanyaan dijawab.
9.    Siswa diminta mengerjakan post test secara mandiri

WRITING
1.    Siswa menyimak penjelasan guru tentang kalimat sederhana.
2.    Siswa memperhatikan contoh cara melengkapi kalimat.
3.    Siswa melengkapi kalimat secara mandiri (TP1)
4.    Siswa dan guru mendiskusikan jawaban dengan cara siswa menuliskan jawabannya di papan.
5.    Siswa memperhatikan contoh cara membuat kalimat
6.    Secara berpasangan siswa membuat kalimat. (TP 2)
7.    Siswa menuliskan jawabannya di papan dan mendiskusikan jawaban bersama guru.
8.    Siswa mengerjakan post-test.
0 Responses

Posting Komentar